Selasa, 17 Mei 2016

RPP Bahasa Indonesia : Kelas IV smt 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                         : SDN
Kelas / Semester                      : IV / II
Mata Pelajaran                         : Bahasa Indonesia
Alokasi Waktu                         : 2 x 35 menit (1 x pertemuan)
==============================================================

A.    Standar Kompetensi

5. Mendengarkan pengumuman dan pembacaan pantun

B.     Kompetensi Dasar

5.2 Menirukan pembacaan pantun anak dengan lafal dan intonasi yang tepat
C.     Indikator
o    Menjelaskan tugas-tugas pokok dari lembaga pemerintahan kabupaten dan kota
D.     Pengembangan Indikator
o    Melalui proses membaca siswa dapat membaca pantun dengan lafal dan intonasi yang tepat
o    Melalui proses Tanya jawab siswa dapat menyebutkan jenis – jenis pantun
o    Melalui proses membaca siswa dapat membuat pantun
E.     Materi pokok
o   Pantun anak tentang persahabatan
F.      Skenario  Pembelajaran
No.
Langkah Kegiatan
Pengorganisasian
Kelas
Waktu
1.
Pra Kegiatan : (3 menit)
Memberi salam, doa dan presensi

Klasikal

3 menit
2.
Kegiatan Awal: (9 menit)


·      Apersepsi
Siswa diminta untuk menyebutkan struktur pemerintahan pada kabupaten/kota, misalnya:
“Anak-anak apa saja jenis pantun ?”
Setelah siswa menjawab guru memberi penguatan
Klasikal
3 menit
·      Eksplorasi Materi
Siswa menjawab pertanyaan guru tentang materi apa yang akan dipelajari, misalnya:
“anak-anak dari penjelasan yang kalian sebutkan tadi, menurut kalian kita akan belajar apa hari ini?”
Setelah siswa menjawab guru memberikan balikan
Klasikal
2 menit
·      Eksplorasi Tujuan
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang tujuan pembelajaran serta harapan yang berkaitan dengan materi, misalnya:
“Anak-anak tujuan pembelajaran hari ini adalah agar kalian dapat menyebutkan jenis – jenis pantun”. “Ibu berharap kalian dapat membaca pantun dengan lafal dan intonasi yang tepat serta dapat membuatnya.”
Klasikal
2 menit
·      Langkah Pembelajaran
“Anak-anak langkah pembelajaran yang harus kalian lakukan nanti adalah membuat pantun dan membacanya di depan kelas, mengerjakan LKS secara berkelompok, dan mengerjakan soal evaluasi secara individu”
Klasikal
2 menit
3.
Kegiatan Inti : (36 menit)
·      Melalui proses Tanya jawab siswa dapat menyebutkan jenis – jenis pantun
·      Melalui proses membaca siswa dapat menyebutkan ciri – ciri pantun
·      Melalui membaca siswa dapat membaca pantun dengan lafal dan intonasi yang tepat
·      Melalui penugasan siswa dapat membuat pantun dengan benar
·      Setelah itu siswa diminta untuk membentuk kelompok, satu kelompok terdiri dari 5 orang
·      Siswa mengerjakan tugas LKS secara berkelompok
·      Setiap perwakilan kelompok diminta untuk membacakannya di depan kelas

Klasikal

Klasikal

Klasikal
Klasikal

Kelompok

5 menit

5 menit

3 menit
15 menit

8 menit
4.
Kegiatan Akhir: (22 menit)


·   Simpulan:
Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan bimbingan guru, misalnya:
“Anak-anak, menurut kalian apa kesimpulan  dari pembelajaran hari ini?”
Klasikal
2 menit
·   Umpan Balik:
·    Siswa diberi kesempatan untuk menanyakan tentang materi yang belum dimengerti
·    Siswa mengerjakan soal evaluasi
·    Siswa membahas soal evaluasi dengan bimbingan guru
·    Siswa mengumpulkan hasil evaluasi

Klasikal

Individu
Klasikal
Klasikal

1 menit

10 menit
5 menit
1 menit
·   Refleksi:
Siswa bersama guru mengungkapkan kesan dan pesan selama pembelajaran, misalnya:
“Bagaimana kesan kalian dalam pembelajaran hari ini?”
“Apa ada saran untuk pembelajaran kita selanjutnya?”
Klasikal
1 menit
·   Tindak Lanjut:
Siswa diminta untuk rajin belajar dan mempelajari kembali materi yang disampaikan hari ini di rumah agar lebih memahami materi
Klasikal
1 menit

·   Penutup
Salam penutup dan doa

Klasikal

1 menit

 

2.      Strategi Pembelajaran

o   Konstruktivistik

3.      Pendekatan Pembelajaran

·         PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan)
·         Keterampilan proses

4.      Model Pembelajaran

·         Example non example

5.      Metode Pembelajaran

·         Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas, dan diskusi

6.      Media dan Sumber Belajar

·        Pengalaman guru
·        Buku panduan yang sesuai
·        Buku Bahasa Indonesia 4 sekawan, BSE

7.      Penilaian

a.       Prosedur Penilaian
-           Proses          : dilaksanakan selama proses pembelajaran
-           Hasil            : dilaksanakan pada akhir pembelajaran
b.      Jenis Penilaian
-           Proses          :  Aktivitas/perbuatan
-           Hasil            :  Tulis/Lisan
c.       Bentuk Penilaian
-           Proses          :  Observasi/Pengamatan
-           Hasil            :  Subjektif/Obyektif
d.      Alat Penilaian
-           Proses          :  Lembar Pengamatan
-           Hasil            :  Soal Evaluasi dan Kunci Jawaban

8.      Lampiran

Lampiran 1 : Tugas Kelompok
Lampiran 2 : Lembar pengamatan
Lampiran 3 : Soal evaluasi
Lampiran 4 : Kunci jawaban
Lampiran 5 : LKS




Kepala Sekolah,




Tulungagung,   Desember 2014
Guru Kelas,




Lampiran 1
Lembar Tugas Kelompok
1.      Kelompok 1
Buatlah 3 pantun bertema persahabatan !
2.      Kelompok 2
Buatlah 3 pantun teka – teki !
3.      Kelompok 3
Buatlah 3 pantun jenaka !
4.      Kelompok 4
Buatlah pantun anak !



Lampiran 2
Tabel 1

No.
Nama
Siswa
Aspek yang Dinilai
Keaktifan
Keberanian

Kerjasama
Pengumpulan Tugas
Ket
A
B
C
A
B
C
A
B
C
A
B
C

1.














2.














3.














4.














dst















LEMBAR PENGAMATAN

? KRITERIA PENILAIAN
1)      Keaktifan
A   :  Jika siswa aktif menanggapi permasalahan dengan tepat tanpa diminta
B   :  Jika siswa aktif menanggapi permasalahan dengan tepat setelah diperintah
C   :  Jika siswa pasif (diam saja)
2)      Keberanian
A   :  Jika siswa berani mengungkapkan pendapatnya tanpa diminta
B   :  Jika siswa berani mengungkapkan pendapatnya setelah diperintah
C   :  Jika siswa berani mengungkapkan pendapatnya setelah adanya paksaan
3)      Kerjasama
A   :  Jika siswa ikut serta mengungkapkan pendapat dalam membahas LKS berkelompok
B   :  Jika siswa ikut serta dalam kelompok tanpa mengungkapkan pendapatnya dalam pembahasan LKS
C   :  Jika siswa tidak ikut serta dalam pembahasan LKS
4)      Pengumpulan Tugas
A   :  Jika siswa mengumpulkan tugas sesuai dengan jadwal pengumpulan
B   :  Jika siswa mengumpulkan tugas lebih dari jadwal pengumpulan
C   :  Jika siswa tidak mengumpulkan tugas
? SKOR LEMBAR PENGAMATAN
Penilaian kualitatif apabila dikonversikan ke dalam bentuk penilaian kuantitatif dengan menggunakan skala 100.

Tabel 2
PENILAIAN KUALITATIF DAN KUANTITATIF
Penilaian Kualitatif
Penilaian Kuantitatif
Keterangan
A
67–100
Baik
B
34–66
Cukup
C
1–33
Kurang
Rumus Penilaian Lembar Pengamatan:
 
Keterangan:
Np : Nilai Pengamatan
Na  :  Nilai Keaktifan
Nb  :  Nilai Keberanian
Nc  :  Nilai Kerjasama
Ne  :  Nilai Pengumpulan Tugas





Lampiran 3
Lembar Evaluasi
1.      Pantun mempunyai…….bait
2.      Dalam satu bait terdapat….baris
3.      Pantun bersajak…….
4.      Jumlah suku kata dalam setiap baris……sampai……..
5.      Buatlah pantun nasihat !

Lampiran 4
Kunci Jawaban
1.      1
2.      4
3.      a-b-a-b
4.      8 sampai 12
5.      Kalau keladi sudah ditanam
Janganlah lagi meminta talas
Kalau budi sudah ditanam
Janganlah lagi meminta balas

Lampiran 5
Bacalah pantun dibawah ini dengan lafal dan intonasi yang tepat !
1.      Buah pinang buah belimbing
Ketiga dengan buah mangga
Sungguh senang berbapak sumbing
Biar marah tertawa juga
2.    Pohon manggis di tepi rawa
Tempat kakek beradu
Sedang menangis nenek tertawa
Melihat kakek bermain gundu
3.      Pak Pung Pak Mustofa
Encik Dulah di rumahnya
Tepung dengan kelapa
Gula jawa di tengahnya
4.      Burung nuri burung dara
Terbang ke sisi taman kahyangan
Cobalah cari wahai saudara
Makin diisi makin ringan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar