RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah :
SDN
Kelas /
Semester : IV / II
Mata
Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Alokasi
Waktu : 2 x 35
menit (1 x pertemuan)
==============================================================
A. Standar Kompetensi
5. Mendengarkan pengumuman dan
pembacaan pantun
B. Kompetensi Dasar
5.2
Menirukan pembacaan pantun anak dengan lafal dan intonasi yang tepat
C.
Indikator
o
Menjelaskan tugas-tugas pokok
dari lembaga pemerintahan kabupaten dan kota
D.
Pengembangan Indikator
o
Melalui proses
membaca siswa dapat membaca pantun dengan lafal dan
intonasi yang tepat
o
Melalui
proses Tanya jawab siswa dapat menyebutkan jenis –
jenis pantun
o
Melalui proses membaca siswa
dapat membuat pantun
E. Materi pokok
o
Pantun anak tentang
persahabatan
F.
Skenario Pembelajaran
No.
|
Langkah Kegiatan
|
Pengorganisasian
|
|
Kelas
|
Waktu
|
||
1.
|
Pra
Kegiatan : (3 menit)
Memberi salam, doa dan presensi
|
Klasikal
|
3
menit
|
2.
|
Kegiatan Awal: (9 menit)
|
|
|
·
Apersepsi
Siswa diminta untuk menyebutkan
struktur pemerintahan pada kabupaten/kota, misalnya:
“Anak-anak apa saja jenis
pantun ?”
Setelah siswa menjawab guru
memberi penguatan
|
Klasikal
|
3
menit
|
|
· Eksplorasi Materi
Siswa menjawab
pertanyaan guru tentang materi apa yang akan dipelajari, misalnya:
“anak-anak dari
penjelasan yang kalian sebutkan tadi, menurut kalian kita akan belajar apa
hari ini?”
Setelah siswa
menjawab guru memberikan balikan
|
Klasikal
|
2
menit
|
|
· Eksplorasi Tujuan
Siswa mendengarkan penjelasan
guru tentang tujuan pembelajaran serta harapan yang berkaitan dengan materi,
misalnya:
“Anak-anak tujuan pembelajaran hari ini
adalah agar kalian dapat menyebutkan jenis – jenis pantun”. “Ibu berharap
kalian dapat membaca pantun dengan lafal dan intonasi yang tepat serta dapat
membuatnya.”
|
Klasikal
|
2
menit
|
|
· Langkah Pembelajaran
“Anak-anak langkah pembelajaran
yang harus kalian lakukan nanti adalah membuat pantun dan membacanya di depan
kelas, mengerjakan LKS secara berkelompok, dan mengerjakan soal evaluasi
secara individu”
|
Klasikal
|
2
menit
|
|
3.
|
Kegiatan
Inti : (36 menit)
·
Melalui
proses Tanya jawab siswa dapat menyebutkan jenis –
jenis pantun
·
Melalui
proses membaca siswa dapat menyebutkan ciri – ciri
pantun
·
Melalui membaca siswa dapat
membaca pantun dengan lafal dan intonasi yang tepat
·
Melalui penugasan siswa dapat
membuat pantun dengan benar
·
Setelah itu siswa diminta
untuk membentuk kelompok, satu kelompok terdiri dari 5 orang
·
Siswa mengerjakan tugas LKS
secara berkelompok
·
Setiap perwakilan kelompok
diminta untuk membacakannya di depan kelas
|
Klasikal
Klasikal
Klasikal
Klasikal
Kelompok
|
5
menit
5
menit
3
menit
15
menit
8
menit
|
4.
|
Kegiatan Akhir: (22 menit)
|
|
|
· Simpulan:
Siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan bimbingan guru,
misalnya:
“Anak-anak, menurut
kalian apa kesimpulan dari pembelajaran
hari ini?”
|
Klasikal
|
2
menit
|
|
· Umpan Balik:
·
Siswa diberi kesempatan untuk menanyakan tentang materi yang belum
dimengerti
·
Siswa mengerjakan soal evaluasi
·
Siswa membahas soal evaluasi dengan bimbingan guru
·
Siswa mengumpulkan hasil evaluasi
|
Klasikal
Individu
Klasikal
Klasikal
|
1
menit
10
menit
5
menit
1
menit
|
|
· Refleksi:
Siswa bersama guru mengungkapkan kesan dan pesan selama pembelajaran, misalnya:
“Bagaimana kesan
kalian dalam pembelajaran hari ini?”
“Apa ada saran
untuk pembelajaran kita selanjutnya?”
|
Klasikal
|
1
menit
|
|
· Tindak Lanjut:
Siswa diminta untuk rajin
belajar dan mempelajari kembali materi yang disampaikan hari ini di rumah
agar lebih memahami materi
|
Klasikal
|
1
menit
|
|
|
· Penutup
Salam penutup dan doa
|
Klasikal
|
1
menit
|
2. Strategi Pembelajaran
o
Konstruktivistik
3. Pendekatan Pembelajaran
·
PAIKEM (Pembelajaran Aktif,
Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan)
·
Keterampilan proses
4. Model Pembelajaran
·
Example non example
5. Metode Pembelajaran
·
Ceramah, tanya jawab, pemberian
tugas, dan diskusi
6. Media dan Sumber Belajar
·
Pengalaman guru
·
Buku panduan yang sesuai
·
Buku Bahasa Indonesia 4
sekawan, BSE
7. Penilaian
a.
Prosedur Penilaian
-
Proses :
dilaksanakan selama proses pembelajaran
-
Hasil :
dilaksanakan pada akhir pembelajaran
b.
Jenis Penilaian
-
Proses : Aktivitas/perbuatan
-
Hasil : Tulis/Lisan
c.
Bentuk Penilaian
-
Proses : Observasi/Pengamatan
-
Hasil : Subjektif/Obyektif
d.
Alat Penilaian
-
Proses : Lembar Pengamatan
-
Hasil : Soal
Evaluasi
dan Kunci Jawaban
8. Lampiran
Lampiran 1 :
Tugas Kelompok
Lampiran 2 :
Lembar pengamatan
Lampiran 3 :
Soal evaluasi
Lampiran 4 :
Kunci jawaban
Lampiran 5 :
LKS
Kepala Sekolah,
|
Tulungagung, Desember 2014
Guru Kelas,
|
Lampiran 1
Lembar
Tugas Kelompok
1.
Kelompok 1
Buatlah 3 pantun bertema persahabatan !
2.
Kelompok 2
Buatlah 3 pantun teka – teki !
3.
Kelompok 3
Buatlah 3 pantun jenaka !
4.
Kelompok 4
Buatlah pantun anak !
Lampiran
2
Tabel 1
No.
|
Nama
Siswa
|
Aspek
yang Dinilai
|
||||||||||||
Keaktifan
|
Keberanian
|
Kerjasama
|
Pengumpulan
Tugas
|
Ket
|
||||||||||
A
|
B
|
C
|
A
|
B
|
C
|
A
|
B
|
C
|
A
|
B
|
C
|
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
LEMBAR PENGAMATAN
? KRITERIA PENILAIAN
1)
Keaktifan
A : Jika
siswa aktif menanggapi permasalahan dengan tepat tanpa diminta
B : Jika siswa aktif menanggapi permasalahan
dengan tepat setelah diperintah
C : Jika
siswa pasif (diam saja)
2)
Keberanian
A : Jika
siswa berani mengungkapkan pendapatnya tanpa diminta
B : Jika
siswa berani mengungkapkan pendapatnya setelah diperintah
C : Jika
siswa berani mengungkapkan pendapatnya setelah adanya paksaan
3)
Kerjasama
A : Jika
siswa ikut serta mengungkapkan pendapat dalam membahas LKS berkelompok
B : Jika siswa ikut serta dalam kelompok tanpa
mengungkapkan pendapatnya dalam pembahasan LKS
C : Jika
siswa tidak ikut serta dalam pembahasan LKS
4)
Pengumpulan Tugas
A : Jika
siswa mengumpulkan tugas sesuai dengan jadwal pengumpulan
B : Jika
siswa mengumpulkan tugas lebih dari jadwal pengumpulan
C : Jika
siswa tidak mengumpulkan tugas
? SKOR LEMBAR PENGAMATAN
Penilaian kualitatif
apabila dikonversikan ke dalam bentuk
penilaian kuantitatif dengan menggunakan skala 100.
Tabel 2
PENILAIAN KUALITATIF DAN KUANTITATIF
Penilaian Kualitatif
|
Penilaian Kuantitatif
|
Keterangan
|
A
|
67–100
|
Baik
|
B
|
34–66
|
Cukup
|
C
|
1–33
|
Kurang
|
Rumus
Penilaian Lembar Pengamatan:
Keterangan:
Np : Nilai
Pengamatan
Na : Nilai
Keaktifan
Nb : Nilai
Keberanian
Nc : Nilai
Kerjasama
Ne : Nilai Pengumpulan Tugas
Lampiran
3
Lembar Evaluasi
1.
Pantun mempunyai…….bait
2.
Dalam satu bait terdapat….baris
3.
Pantun bersajak…….
4.
Jumlah suku kata dalam setiap baris……sampai……..
5.
Buatlah pantun nasihat !
Lampiran 4
Kunci Jawaban
1.
1
2.
4
3.
a-b-a-b
4.
8 sampai 12
5.
Kalau keladi sudah ditanam
Janganlah lagi meminta talas
Kalau budi sudah ditanam
Janganlah lagi meminta balas
Janganlah lagi meminta talas
Kalau budi sudah ditanam
Janganlah lagi meminta balas
Lampiran 5
Bacalah pantun dibawah ini dengan lafal dan intonasi yang tepat !
1. Buah pinang buah belimbing
Ketiga
dengan buah mangga
Sungguh
senang berbapak sumbing
Biar
marah tertawa juga
2.
Pohon manggis di tepi rawa
Tempat
kakek beradu
Sedang
menangis nenek tertawa
Melihat
kakek bermain gundu
3.
Pak Pung Pak Mustofa
Encik
Dulah di rumahnya
Tepung
dengan kelapa
Gula
jawa di tengahnya
4. Burung nuri burung dara
Terbang
ke sisi taman kahyangan
Cobalah
cari wahai saudara
Makin
diisi makin ringan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar